Monday, May 8, 2017

Cara Menambah RAM di Hp Android dengan Mudah

Cara Menambah RAM Android – Bagi sobat yang ingin memiliki kapasitas RAM yang besar pada ponsel Androidnya, tampaknya cara menambah RAM Android menjadi topik yang perlu untuk kawan-kawan ketahui. Pasalnya, ketersediaan RAM pada sebuah smartphone memang menjadi hal yang cukup penting mengingat komponen yang satu ini sangat berpengaruh sekali pada kecepatan dari kinerja ponsel. Oleh sebab itu, dengan adanya RAM yang memiliki kapasitas besar maka performa pada ponsel Android sobat dipastikan akan mampu bekerja lebih cepat dan responsif, terutama ketika digunakan untuk aktivitas multitasking. Tentu, bagi yang memiliki ponsel dengan kapasitas RAM besar, pastinya tak jadi masalah. Hanya saja, bagi beberapa sobat yang memiliki bekalan kapasitas RAM pada Hp Android yang kecil, tentu menjadi sedikit hambatan, khususnya bagi kawan-kawan yang memiliki banyak aplikasi. Sehingga, dengan mengetahui cara menambah RAM Android yang nantinya akan Inteknosia jelaskan langkah-langkahnya maka sobat bisa menambah kapasitas RAM sendiri. Bahkan, tips menambah kapasitas RAM pada Hp Android yang akan diuraikan kali ini cukup mudah dan bisa sobat terapkan sendiri pada ponsel pintar yang sobat miliki. Lantas, bagaimana sih cara menambah RAM Android itu?

cara menambah ram android
Cara Menambah RAM Android
Sebenarnya, tips mengenai cara menambah RAM Android itu cukup bisa sobat lakukan sendiri. Bahkan, seperti yang sudah disinggung di atas, tutorial terkait cara menambah kapasitas RAM di ponsel Android sobat yang akan disajikan kali ini pun dilakukan dengan mudah. Selain itu, perlu untuk dipahami juga bahwa RAM sendiri merupakan salah satu komponen dalam mesin pacu dari sebuah smartphone yang memang bertugas menjalankan aplikasi yang sebelumnya bekerja dengan proses komputasi di prosesor. Maka, semakin kapasitas yang dimiliki RAM tersebut besar tentu dipastikan performanya pun juga akan semakin responsif dan menjadi lebih cepat. Umumnya, RAM besar dimiliki oleh beberapa perangkat cerdas yang menyasar kelas premium di segmen flagship yang dipastikan dibanderol dengan harga cukup tinggi. Namun, bagi beberapa kawan yang memiliki smartphone pemula dengan bekalan RAM kecil jangan khawatir. Sebab, kapasitas komponen yang bernama RAM ini masih bisa diperbesar dengan langkah mudah dan cepat. Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama ulasan lengkap mengenai tutorial tips terkait cara menambah RAM Android!
menambah kapasitas ram android
Menambah Kapasitas RAM Android

4 Cara Menambah RAM Android dengan Mudah

Berikut beberapa cara menambah RAM Android dengan mudah tanpa perlu root, antara lain :
1. Cara Menambah RAM pada ponsel Android dengan RAM Control eXtreme Pro
ram control extreme pro
RAM Control eXtreme Pro
Langkah pertama dalam menambah kapasitas RAM Android memakai aplikasi ini dirasa cukup mudah dan efektif. Berikut langkah-langkahnya :
  • Pertama, sobat harus mendownload terlebih dahulu aplikasi yang bernama RAM Control eXtreme Pro yang bisa didunduh di PlayStore. Jika sudah terdownload, segera lakukan penginstalan.
  • Apabila sudah diinstal maka buka aplikasinya. Nanti akan muncul tampilan awal lalu pilih menu RAM Booster. Jika sudah, selanjutnya pilih menu yang bernama Boost RAM untuk meningkatkan kapasitas RAM agar naik.
  • Jika sudah, langkah selanjutnya yaitu dengan memilih menu Start yang ada pada tombol Auto RAM Booster. Langkah ini dilakukan supaya dalam proses menjalankan Booster RAM pada ponsel Android sobat bisa segera berjalan dalam beberapa waktu.
  • Di sisi lain, aplikasi ini juga menawarkan setting atau pengaturan yang memang dihadirkan untuk mengatur waktu pada sistem Auto RAM Booster yang terletak pada menu atau tombol tab Setting.
  • Selain itu, apabila kawan-kawan ingin menonaktifkan aplikasi ini maka bisa dilakukan dengan memilih Tab Killer.
  • Dengan menggunakan aplikasi ini maka sobat juga bisa memasukkan list atau daftar beberapa aplikasi yang ingin dimaksimalkan performanya pada menu white list.
2. Cara Menambah RAM di Android via aplikasi Smart Booster
smart booster
Smart Booster
  • Pertama-tama, yang perlu kawan lakukan pastinya harus mendownload terlebih dahulu aplikasi Smart Booster di PlayStore. Jika sudah, segera instal aplikasinya pada ponsel Android yang kawan miliki.
  • Apabila sudah terinstal maka buka aplikasinya. Nanti sobat akan disajikan tampilan awal. Nah, pada tahapan ini, sobat bisa memulai penerapan cara menambah RAM melalui aplikasi ini dengan mengklik ‘Start Now’ lalu klik tombol ‘Booster’ yang ditampilkan dalam logo seperti roket pada bagian kanan bawah.
  • Berikutnya, jika tombol yang bergambar roket (Booster) tadi sudah diklik maka akan muncul tampilan tab menu lalu pilih ‘Ram Boost’. Dalam menu tersebut akan ada beberapa pilihan Boost Level. Maka, pilih saja tab ‘Aggressive’.
  • Menginjak pada langkah selanjutnya, pada menu Ram Boost awal, centang atau ceklist kolom yang bertuliskan ‘Boost When Screen Off’ lalu ceklist pada kolom menu yang bernama ‘Boost Automatically. Sampai pada tahapan cara menambah RAM melalui Smart Booster ini belum selesai, ikuti langkah selanjutnya.
  • Untuk langkah berikutnya masuk pada menu setting dan pilih tab ‘Experinmental’. Nantinya akan tampil jendela baru, cari menu ‘Root RAM Booster’ dan ceklist atau centang. Setelah itu akan tampil dengan segera hasil dari proses aplikasi RAM Booster ini dengan kapasitas RAM yang bertambah secara otomatis.

Dengan mengetahui cara menambah kapasitas RAM melalui aplikasi Smart Booster di atas, tampaknya bisa menjadi salah satu langkah alternatif yang bisa kawan pilih untuk memaksimalkan kinerja RAM. Pasalnya, langkah ini dinilai cukup mudah dan tidak terlalu ribet. Sehingga, bagi sobat yang masih awam atau pemula pun bisa mengoptimalkan kinerja RAM via aplikasi RAM Booster ini. Bahkan, dengan menerapkan cara menambah RAM Android melalui aplikasi simple ini, tentunya akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih cepat dan responsif meski digunakan untuk aktivitas multitasking.


3. Cara Menambah RAM Android melalui Aplikasi RAM Manager Pro
ram manager pro
RAM Manager Pro
  • Untuk menggunakan aplikasi ini, sebelumnya sobat perlu mengunduhnya melalui PlayStore. Ketik RAM Manager Pro maka nanti akan muncul aplikasinya. Instal sampai selesai.
  • Apabila proses penginstalan sudah komplit maka selanjutnya buka aplikasinya. Jika muncul sebuah pop up yang menginstruksikan hak akses super user, pilih saja “Allow” atau “Grant”.
  • Kemudian, lihat ab menu baru dan pilih tab ‘Extra’. Beberapa menit kemudian, sobat akan disajikan beberapa menu pilihan. Dari beberapa pilihan menu tersebut, cari dan pilih menu bernama “Swap file”.  Untuk lokasi Swap disarankan dalam kondisi default saja seperti itu. Sampai pada tahapan ini, cara menambah RAM via RAM Manager Pro ini, sobat harus memilih ukuran Swap file yang diinginkan, maksimal bisa sampai 2 GB.
  • Nah, sampai pada proses ini, cara menambah RAM di ponsel Android melalui aplikasi ini sudah selesai. Kawan-kawan hanya tinggal mencentang tampilan menu pada bagian ‘Set On Boot’.

Penerapan cara menambah RAM Android melalui aplikasi RAM Manager Pro ini dirasa agak memakan waktu yang tak sebentar, sekitar 5 menitan. Jika proses dirasa sudah selesai maka cek dengan menggunakan file manager yang biasanya berada di SD Card. Cek apakah ada file bernama “swapfile”? Jika ada, berarti sobat telah berhasil membuat Swap file untuk menambah RAM Android dengan aplikasi. Tapi, perlu diingat bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi Pro alias berbayar. Namun, apabila kawan-kawan ingin mendapatkan yang gratis maka cari saja di mesin pencari Google. Nanti akan bermunculan banyak sekali yang menawarkan aplikasi ini secara gratis. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi yang diunduh di luar PlayStore maka segala konsekwensi tidak ditanggung oleh PlayStore.

4. Cara Menambah RAM menggunakan Micro SD/Memory Eksternal
menambah ram dengan mico sd
Menambah RAM dengan Mico SD
  • Pada panduan cara menambah RAM Hp Android dengan Micro SD ini, sobat harus mempersiapkan laptop atau PC terlebih dahulu dan Micro SD (min 8GB) dengan ketentuan class 10. Perlu untuk sobat catat bahwa saat menginjak proses cara menambah RAM Android kali ini, jangan lupa untuk jaga-jaga, back up semua file yang ada dalam Micro SD.
  • Berikutnya, download aplikasi software yang bernama Mini Tool Partition lalu install pada laptop atau komputer sobat. Software ini bisa diunduh dan dicari melalui mesin pencari Google.
  • Masukkan Micro SD yang sudah dipersiapkan tadi pada laptop maupun komputer sampai ada pemberitahuan terdeteksi. Jangan lupa juga jika aplikasi Mini Tool Partition sudah terinstal maka buka aplikasinya.
  • Setelah software dibuka maka akan muncul tampilan awal, cari Disk Micro SD lalu klik kanan – Delet – Yes.
  • Menginjak langkah selanjutnya, klik kanan kembali Disk Micro SD yang muncul pada aplikasi Mini Tool Partition yang statusnya berubah menjadi ‘UNALLOCATED’. Kemudian pilih ‘Create’.
  • Beralih pada langkah berikutnya, sobat harus memilih berapa kapasitas Micro SD yang akan digunakan untuk menambah RAM. Di sini kita contohkan 1 GB atau 1024 Mb. Menginjak pada langkah ini, akan ada tampilan form yang harus sobat isi. Berikut contohnya :
       Create As :      Primary
       Drive Letter :     (kosong)
       File System :       Linux Swap
       Cluster Size :       default
  • Jika sudah maka klik OK dan YES. Tunggu dulu beberapa saat.
  • Kemudian, klik kanan tepat pada partisi yang sudah dibuat tadi. Lalu klik ‘Modify’ dilanjutkan dengan mengklik ‘Set Active’.
  • Tahapan berikutnya yaitu klik kanan pada Drive yang unallocated tadi dan klick Create. Nanti akan muncul kolom data kembali, seperti ini:
       Create As :      Primary
       Drive Letter :      D
       File System :      FAT
       Cluster Size :      default
       Size And Location : (jangan dirubah)
  • Setelah itu, klik OK dan YES. Apabila semua tahapan dalam panduan cara menambah RAM Android melalui Micro SD di atas sudah selesai maka jangan lupa untuk mengklik APPLY yang letaknya berada di pojok kanan dari software. Klik OKE dan YES. Tunggu beberapa saat.
  • Menginjak pada cara menambah RAM ponsel Android berikutnya, sobat harus masuk lagi ke Data Micro SD yang sebelumnya sudah dibackup tadi.
  • Lalu, keluarkan Micro SD dari laptop atau PC dan masukan pada HP Android.
  • Nah, pada langkah terakhir, nyalakan smartphone Android kawan dan tunggu 3 menit agar proses sistem berjalan maksimal. Sampai pada langkah ini, cara menambah RAM di Hp Android pun sudah selesai. Kawan-kawan tinggal menikmati hasilnya.

Menilik pada setia tahapan dari cara menambah RAM dengan menggunakan micro SD di atas, tampaknya dirasa memang cukup sulit dan agak rumit. Umumnya, kesulitan pada tutorial ini ketika saat proses penambahan kapasitas atau mengatur jumlah kapasitas micro SD. Namun, jika sobat menerapkan langkah-langkah di atas dengan cermat dan hati-hati maka hasil yang didapatkan pun akan jauh lebih maksimal.

Nah, dari sekian tips atau tutorial terkait cara menambah RAM pada Hp Android yang telah Inteknoisa sajikan di atas, bisa sobat terapkan dan pilih salah satu dari keempat langkah di atas. Namun, dari keempat tutorial dalam menambah RAM Android di atas, tampaknya kapasitas RAM yang akan digunakan pun sangat disarankan agar sesuai dengan kebutuhan saja. Demikian tutorial tips mengenai cara menambah RAM di ponsel Android yang telah Inteknosia jelaskan di atas. Semoga bisa bermanfaat. Sampai jumpa.a

Cara Menambah RAM di Hp Android dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muvaziz

0 komentar:

Post a Comment