Sunday, May 14, 2017

Cara Menghapus Virus di Hp Android Tanpa Antivirus

Cara Menghapus Virus pada Ponsel Android – Hai kawan! Pada pembahasan kali ini, Inteknosia akan berbagi tips mengenai cara menghapus virus di hp Android dengan mudah dan ampuh. Bahkan, tips yang akan Inteknosia bagikan ini pun tanpa perlu menggunakan antivirus atau aplikasi. Nah, sebelum kita jauh mengulas triknya, perlu kawan ketahui terlebih dahulu kenapa ulasan terkait dengan menghilangkan atau menghapus virus pada ponsel Android perlu untuk ketahui. Pasalnya, ternyata tak hanya komputer atau laptop saja yang bisa terkena virus namun ponsel Android pun juga sangat dimungkinkan terkena sebuah serangan virus. Sebagai salah satu platform sistem operasi canggih dan ringan yang banyak digunakan pada ponsel pintar, tentu saja ponsel pintar sobat yang berbasis Android ini tetap tak lepas dari serangan malware atau virus. Umumnya, serangan virus tersebut sebagian besar disebabkan dari beberapa aplikasi yang diunduh di mana tak sedikit aplikasi tersebut disematkan sebuah virus yang nantinya apabila diinstal virus tersebut menyebar dan merusak sistem operasi pada hp sobat. Selain itu, mengingat ponsel pintar Android sering terkoneksi atau tersambung dengan internet maka sangat besar kemungkinan virus pun bisa datang dari internet. Maka dari itu, perlunya mengetahui cara menghapus virus di hp Android memang menjadi hal yang penting dan harus diketahui oleh setiap orang, terutama para pengguna platform berlogo robot hijau ini.

Menghapus Virus Hp Android
Berkaitan dengan cara menghapus virus di Android ini, meski terdengar sepele namun sangat perlu untuk sobat pahami. Bukan tanpa alasan mengingat malware atau virus-virus tersebut pun bisa mengancam ponsel dan efek atau dampak yang ditimbulkan pun tak tidak main – main. Mulai dari membuat handphone menjadi lambat, aplikasi yang terinstal pada ponsel tidak bekerja sebagaimana mestinya, bahkan sampai dengan pencurian data – data pribadi. Maka dari itu, pentingnya cara menghilangkan virus di hp menjadi hal yang wajib dimengerti oleh setiap pengguna ponsel Android, apalagi bagi kawan-kawan yang smartphone Androidnya terindikasi adanya serangan virus. Nah, berkaitan dengan adanya serangan virus pada ponsel pintar, sebelum Inteknosia jauh mengulas cara menghapus virus pada ponsel Android, sobat juga harus tahu indikasinya yang bisa dilihat dari ciri-ciri hp Android terkena virus. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak saja ulasan lengkapnya di bawah ini!

Ciri-Ciri Hp Android Terkena Virus

Di awal pembahasan ini, kita akan ulas bersama ciri-ciri hp Android terkena virus. Berikut indikasinya :
Ciri-Ciri Android Terkena Virus
  1. Pertama, salah satu ciri-ciri hp Android terkena virus yaitu kinerja ponsel menjadi lebih lambat dan lemot dari biasanya. Kondisi ini memang bisa dibilang sering terjadi pada setiap pemilik smartphone Android. Namun, jika hal ini terjadi berulang maka ada indikasi bahwa ponsel sobat terkena virus.
  2. Pernah mengalami baterai yang sering ngedrop? Jika pernah hal demikian makan hal tersebut merupakan ciri-ciri hp Android terkena virus. Apalagi dengan penggunaan ponsel yang wajar yang seharusnya tak memakan banyak daya baterai. Tentu, perubahan signifikan pada baterai yang tiba-tiba sering lowbat ini sangat dimungkinkan adanya serangan virus yang menyebar pada ponsel sobat.
  3. Ciri-ciri hp Android terkena virus yakni bisa dilihat dari pemakaian paket data yang dirasa berlebihan. Apabila kawan-kawan jarang menggunakan paket data dan diyakini tak ada sistem yang memakan kuota paket internet namun tiba-tiba paket internet maka waspadalah. Pasalnya, kondisi tersebut mengindikasikan adanya serbuan malware yang memang berjalan dan menyedot habis data paket pada ponsel sobat.
Ketiga ciri-ciri hp Android terkena virus yang telah dijelaskan tersebut, tentunya hampir setiap pemilik ponsel pintar sudah sering mengalaminya. Namun, jika beberapa kondisi aneh tersebut tiba-tiba hadir pada perangkat pintar sobat maka kawan-kawan harus berhati-hati. Sebab, hal tersebut menandakan adanya virus yang tengah beroperasi dan merusak sistem. Sehingga, sangat diperlukan tindakan pencegahan. Namun, jika sudah terlanjur maka mau tak mau sobat harus menerapkan cara menghapus virus di hp Android yang akan dijelaskan pada segmen berikutnya.

Cara Menghapus Virus pada Ponsel Android

Selanjutnya, setelah kita tahu ciri-ciri atau gejala yang ditimbulkan virus-virus tersebut, kini waktunya Inteknosia untuk membahas cara menghapus virus Android dengan mudah. Di bawah ini langkah-langkah yang bisa kawan terapkan :
menghapus virus pada android melalui safe mode
Menghapus Virus pada Android Melalui Safe Mode
  1. Guna menerapkan cara menghapus virus di hp Android ini, pertama-tama yang perlu dilakukan yakni dengan masuk pada sistem ‘Safe Mode.’ Nah, cara masuk ke Safe Mode Android, setiap ponsel Android memiliki prosedur langkah yang tak sama satu sama lain. Hanya saja, untuk memasuki ‘Safe Mode’ ini, umumnya bisa menggunakan tombol power dan tombol power (+ dan -) secara bersamaan ketika masuk pada proses booting di awal ketika pertama kali menghidupkan ponsel Android.
  2. Apabila sudah memasuki pada sistem ‘Safe Mode’ ini maka segera lakukan pengecekan beberapa aplikasi yang terinstal pada ponsel sobat. Untuk melakukan pengecekan, sobat perlu masuk pada pilihan menu Setting – App kemudian pilih pada tab Download. Menginjak proses ini, nantinya sistem secar otomatis akan menghapus seluruh aplikasi pihak ke tiga (di luar aplikasi bawaan ponsel) di ‘Safe Mode’. Namun, dikarenakan malware atau virus juga masuk dalam kategori sistem tentunya secara otomatis virus juga akan dianggap bukan aplikasi bawaan. Hanya saja, fungsi sistemnya yang bisa dijalankan. Nah, melalui tahapan ini, kawan-kawan akan mengetahui beberapa list atau daftar aplikasi asing.
  3. Beralih pada tahapan cara menghapus virus di Android selanjutnya, nanti akan muncul beberapa program aplikasi asing yang dinilai sangat mencurigakan dan tak dikenal. Klik saja aplikasi yang mencurigakan itu kemudian uninstall.
  4. Apabila kawan-kawan menemui beberapa program asing yang terinstall atau berjalan pada ponsel namun tak bisa dihapus, umumnya hal itu dikarenakan aplikasi asing tersebut membuka akses administrator. Jika hal tersebut muncul maka untuk mengatasinya sobat perlu menghapus akses administratornya. Nah, caranya keluar dari sistem ‘Application Settings kemudian masuk ke menu ‘Settings – Security –Device Administrator. Jika sudah maka hilangkan saja akses administrator pada aplikasi maupun program yang tak dikenal tersebut lalu masuk kembali pada menu ‘Application Settings. Cek kembali apakah program asing tadi sudah benar-benar terhapus atau belum.
  5. Sampai pada langkah di atas, cara menghapus virus di hp Android pun sudah selesai. Kawan-kawan hanya tinggal keluar dari menu ‘Safe Mode’. Untuk caranya sangat mudah, sobat hanya perlu merestart ponsel secara normal.
Cara menghapus virus Android tersebut disebut juga dengan factory reset. Di mana langkah yang satu ini dirasa sangat efektif dalam menghilangkan virus tanpa perlu menggunakan aplikasi atau antivirus. Bahkan, virus-virus membandel pun juga bisa hilang seketika dengan menerapkan trik ini. Tentunya, langkah yang telah Inteknosia bagikan ini bisa sobat terapkan sendiri pada ponsel sobat yang memang terindikasi ada virusnya.
menghilangkan virus android tanpa antivirus
Menghilangkan Virus Android Tanpa Antivirus
Tak terlalu sulit kan sob? Tentu, dengan mengetahui cara menghapus virus pada ponsel Android seperti yang sudah diutarakan di atas, kawan-kawan pastinya bisa menerapkannya sendiri. Bahkan, tanpa menggunakan antivirus pun virus pada smartphone sobat bisa teratasi dengan maksimal. Sampai di sini dulu ya sob perjumpaan kita. Semoga informasi mengenai beberapa langkah terkait cara menghapus virus di ponsel Android di atas bisa bermanfaat. Sampai jumpa.

Cara Menghapus Virus di Hp Android Tanpa Antivirus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muvaziz

1 komentar: