Sunday, April 9, 2017

Harga iPhone SE Terbaru, Review dan Spesifikasi Lengkap

Harga iPhone SE Terbaru dan Spesifikasi – Seolah tak pernah kehabisan ide, perusahaan ponsel premium asal Amerika Serikat yang bernama Apple kembali meluncurkan ponsel barunya, yakni iPhone SE. Sedikit berbeda dengan beberapa generasi baru produk garapannya, seperti iPhone 6s dan iPhone 6s Plus yang dikenal memiliki layar luas, kali ini smartphone besutan Apple yang resmi diluncurkan pada bulan Maret 2016 lalu itu akan hadir dengan mengusung layar berukuran lebih kecil seluas 4.0 inci. Meski layarnya lebih kecil namun untuk kemampuan spesifikasi yang dibawanya tak bisa dianggap remeh. Pasalnya, kehadirannya justru diklaim bakal bersaing dengan saudaranya sendiri, yakni iPhone 6s yang mengusung layar berukuran lebih besar. Sehingga, untuk masalah performa, iPhone SE memiliki kekuatan yang bisa dibilang sepadan dengan smartphone kelas premium lainnya. Bahkan, ponsel mewah besutan Apple ini pun digadang-gadang bakal mengisi ponsel flagship dengan ciri khas berbeda dari smartphone lainnya di kelas menengah atas. Cukup menarik bukan? Tentunya, sobat sudah pada penasaran bukan dengan ketangguhan yang diusung spesifikasi iPhone SE ini?
iphone se
iPhone SE

Dengan kemampuannya yang terbilang mumpuni tersebut, banyak yang menyebut bahwa spesifikasi iPhone SE ini merupakan hasil kolaborasi antara iPhone 6s Series dengan iPhone 5s. Pasalnya, dari sisi desain yang dibawanya pun bisa diketahui di mana bodinya tak berbeda dengan iPhone 5s yang terbalut material berbahan full metal namun berkemampuan seperti iPhone 6s. Pada layarnya seluas 4.0 inci tersebut juga akan mengusung teknologi LED-backlit IPS LCD yang memiliki tingkat resolusi cukup tinggi di kelasnya sehingga akan mampu memperlihatkan tampilan visual yang memanjakan mata. Tak hanya itu saja, keunggulan yang dimiliki iPhone SE ini un juga terletak pada dapur pacu yang dibawanya di mana Apple akan membenamkan chipset Apple A9 dengan prosesor Dual Core. Maka, tak heran jika kinerja operasional yang dihasilkannya pun tak akan mengecewakan pemiliknya. Selain itu, dukungan akses jaringan internet 4G LTE juga akan melengkapi kecanggihan iPhone SE ini dalam bersaing dengan para kompetitornya di segmen kelas premium. Tak hanya itu saja, beberapa fitur modern berteknologi tinggi pun juga banyak disematkan pada ponsel garapan Apple. Sehingga, wajar jika harganya pun juga akan berbanderol mahal. Untuk kawan-kawan yang semakin penasaran dengan keunggulannya, yuk kita simak saja ulasan mengenai spesifikasi dan harga iPhone SE secara lebih mendetail pada beberapa segmen berikut ini!
review iphone se
Review iPhone SE


Review Spesifikasi iPhone SE

Desain dan Layar iPhone SE
Seperti biasa, Inteknosia akan memulai ulasan spesifikasi iPhone SE yang diawali pada pembahasan di sektor layar dan desain. Smartphone garapan Apple yang satu ini memang memiliki daya tarik tersendiri, terutama pada sisi desain fisik yang dibawanya. Sebab, iPhone SE ini akan mengusung desain bodi premium yang terbalut material full metal sehingga akan membuat bodinya kokoh namun ringan. Selain itu, dimensinya pun dirasa pas jika digenggam di tangan mengingat perangkat pintar ini mengusung dimensi dengan ukuran panjang 123.8 mm, lebar 58.6 mm, tebalnya 7.6 mm dan berbobot 113 gr. Tentu, bagi sobat yang menyukai smartphone berbudi minimalis namun berspesifikasi tinggi, tampaknya iPhone SE ini bisa menjadi pilihan terbaik. Sementara itu di sektor layarnya sendiri, iPhone SE ini akan mengusung layar seluas 4.0 inci yang memang diakui lebih kecil dari iPhone 6s yang memiliki layar lebih luas. Tetapi, walaupun memiliki layar yang kecil, kemampuan visualnya tak bisa dianggap remeh. Hal tersebut berkat peran dari teknologi layar yang diusungnya, yakni panel LED-backlit IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors dengan kemampuan resolusi 1136 x 640 pixels. Dengan kemampuan resolusi yang dibawanya tersebut, dipastikan iPhone SE ini akan mampu menampilkan visualisasi yang begitu jernih dan tajam. Bahkan, pada sektor layarnya ini, spesifikasi iPhone SE ini juga sudah dilengkapi dengan proteksi oleophobic anti sidik jari. Sayangnya, belum ada perlindungan anti gores sehingga sobat harus memasang screen guard secara manual pada spesifikasi iPhone SE ini untuk melindungi layarnya dari goresan.

Dapur Pacu iPhone SE
Pada segmen ini, Inteknosia akan mengulas pada sektor dapur pacu dari spesifikasi iPhone SE. Mengingat fokus segmen yang dituju ponsel ini pada kelas menengah atas, tentu saja Apple tak akan membekali smartphone garapannya ini dengan komponen standar. Hal itu bisa dilihat dari chipset Apple A9 yang dibenamkannya pada sektor permesinannya di mana akan dikolaborasikan dengan prosesor Dual Core berkecepatan 1.84 GHz Twister. Sehingga, dengan bekalan kedua komponen tersebut maka tak heran jika performa yang dibawanya pun akan memberikan kinerja super gahar. Tak cukup sampai di situ saja, iPhone SE pun juga akan dibekali dengan RAM yang berkapasitas 2 GB di mana dengan bekalan RAM tersebut maka kinerja operasionalnya akan semakin cepat, terutama untuk kebutuhan akan aktivitas multitasking. Sementara itu, urusan grafisnya pun juga tak luput dari perhatian Apple. Sebab, iPhone SE ini juga akan dibekali GPU atau kartu grafis PowerVR GT7600 yang sudah dipastikan akan memberikan tampilan grafis yang sangat memukau sehingga cocok bagi sobat yang menyukai game bergrafis tinggi. Nah, di samping itu, Apple masih mempertahankan sistem operasi OS iOS 9.3.2 yang sudah diupgrade ke OS iOS 10.3 sebagai platform berjalannya komponen mesin pacu pada spesifikasi iPhone SE.

Ruang Penyimpanan atau Memory iPhone SE
Bekalan dapur pacu tangguh dengan desain elegan tampaknya tak cukup melengkapi spesifikasi iPhone SE tanpa ketersediaan memory atau ruang penyimpanan. Sebab, kebutuhan konsumen saat ini akan ruang penyimpanan menjadi salah satu kebutuhan utama yang harus ada pada setiap ponsel modern yang muncul di era saat ini. Dengan demikian maka Apple pun menawarkan kapasitas ruang penyimpanan internal pada iPhone SE ini dengan 2 varian berbeda, yakni 32 GB dan 128 GB. Kedua varian tersebut dinilai sudah sangat mumpuni dan memadai guna menunjang kebutuhan untuk penyimpanan file sistem maupun file pribadi milik pengguna. Bahkan, dengan bekalan kapasitas dua varian memory internal tersebut, tentu bisa dijadikan media penyimpanan beberapa aplikasi maupun game berkapasitas besar. Namun, iPhone SE ini tidak menyediakan slot memory eksternal sehingga kapasitas ruang simpan pun tak bisa diperluas atau diekspansi lebih longgar. Tampaknya, hal ini menjadi ciri khas dari iPhone Serise yang memang dikenal tak pernah menyediakan slot micro SD. Akan tetapi, sepertinya dengan bekalan memory internal pada spesifikasi iPhone SE ini dirasa sudah mencukupi melengkapi kebutuhan setiap penggunanya.


spesifikasi iphone se terbaru
Spesifikasi iPhone SE Terbaru

Kamera iPhone SE
Melengkapi ketangguhan dan kecanggihan yang dimiliki pada spesifikasi iPhone SE ini, maka Apple sebagai pabrik pembuatnya pun akan membekali ponsel garapannya ini dengan lini fotografi yang tangguh. Hal itu didorong karena kebutuhan zaman sekarang di mana fitur kamera menjadi sektor penting dan wajib pada pada setiap smartphone, apalagi ponsel sekelas iPhone SE ini. Maka dari itu, Apple pun akan membekali ponsel buatannya ini dengan sektor dokumentasi yang cukup handal. Di mana, pabrik asal Negeri Paman Sam ini akan melengkapi fotografi iPhone SE dengan dual kamera beresolusi 12 MP dan 1.2 MP. Untuk kamera utama yang memiliki kemampuan resolusi 12 MP tersebut akan didukung beberapa fitur unggulan seperti phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash. Sayangnya, untuk kamera depan hanya mengusung resolusi 1.2 MP yang jauh memiliki kemampuan hasil bidikan foto di bawah kamera utama. Namun, Apple menutupinya dengan kelengkapan fitur seperti face detection, HDR, FaceTime over Wi-Fi or Cellular. Selain itu, lini fotografi pada iPhone SE ini pun juga bisa digunakan merekam video dengan hasil rekaman yang cukup bagus, terutama untuk kamera utamanya di mana memiliki kemampuan video record hingga 2160p@30fps. Tentu saja berbekal kemampuan daya rekaman tersebut maka hasil videonya pun juga akan sangat jernih dan tajam sehingga semakin membuat spesifikasi iPhone SE ini menarik bagi para konsumen.

Konektivitas dan Akses Internet iPhone SE
Beralih pada segmen berikutnya, Inteknosia akan menguraikan keunggulan di sektor konektivitas pada spesifikasi iPhone SE. Tampaknya, sektor konektivitas pada smartphone buatan pabrik yang bermarkas di Cupertino ini pun juga terbilang cukup canggih. Sebab, dari sektor internetnya saja iPhone SE sudah mendukung akses jaringan 4G Cat4 LTE di mana dengan dukungan jaringan tercepat ini maka pengguna pun akan merasa menikmati gelaran dunia maya dengan kecepatan akses yang begitu gesit anti lemot. Sementara itu, untuk dukungan komunikasi, iPhone SE hanya akan menyediakan Single SIM Card. Meski hanya menyediakan satu slot SIM saja, hal tersebut tetap tak mengurangi keunggulannya dalam bersaing di segmen kelas premium. Pasalnya, ponsel besutan Apple ini juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur konektifitas nirkabel berupa WiFi dan hotspot yang bisa dijadikan media untuk menangkap sinyal internet secara gratis. Sedangkan untuk kebutuhan transfer data akan mengandalkan fitur yang di antaranya seperti Bluetooth dan micro USB. Tak ketinggalan juga untuk urusan penentuan lokasi pada peta, spesifikasi iPhone SE ini kan mengandalkan sistem navigasi A-GPS dan GLONASS.

Baterai iPhone SE
Memasuki pada pembahasan ini, kita akan berbicara terkait suplai daya atau baterai yang akan diusung pada spesifikasi iPhone SE. Berkenaan dengan baterai, tampaknya smartphone besutan Apple ini memang  dirasa tak membutuhkan terlalu banyak daya mengingat layarnya yang terbilang kecil. Namun, kebutuhan daya yang cukup besar akan dibutuhkan pada sistem mesin pacunya yang berbekal komponen super canggih. Oleh sebab itu maka iPhone SE pun akan hadir dengan berbekal baterai jenis Li-Po (Lithium Polymer) yang memiliki kualitas di atas Li-Ion di mana memiliki kapasitas daya hingga 1624 mAh. Dengan bekalan baterai tersebut maka perangkat mungil berspesifikasi canggih ini bisa dioperasikan selama seharian penuh. Namun, jika sobat termasuk pengguna aktif maka siapkan powerbank sebagai suplai daya baterai cadangan jika suatu saat ponsel kehabisan daya baterai. Jika melihat spesifikasi iPhone SE yang begitu canggih ini, kira-kira berapa ya nominal yang pas untuk memboyong smartphone buatan Apple ini?
smarphone iphone se
Smartphone iPhone SE
Spesifikasi iPhone 6s Plus
Status Perilisan
Available. Released March 2016
Akses Internet
Jaringan
4G Cat4 LTE
Kecepatan
HSPA, LTE-A Cat4 150/50 Mbps
Desain Fisik
Dimensi
123.8 x 58.6 x 7.6 mm (4.87 x 2.31 x 0.30 in)
Berat
113 g (3.99 oz)
Kartu SIM
Single SIM Card-Nano SIM
Layar
Tipe
LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
Luas
4.0 inches (~60.8% screen-to-body ratio)
Resolusi
640 x 1136 pixels (~326 ppi pixel density)
Multitouch
Yes
Perlindungan
Tidak tersedia
Mesin Pacu
Chipset
Apple A9
CPU
Dual-core 1.84 GHz Twister
GPU
PowerVR GT7600 (six-core graphics)
RAM
2 GB
OS
iOS 9.3.2, upgradable to iOS 10.3
Ruang Penyimpanan
Internal
32/128 GB
Slot micro SD
Tidak tersedia
Kamera
Kamera Utama
12 MP, f/2.2, 29mm, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Kamera Depan
1.2 MP, f/2.4, 31mm, 720p@30fps, face detection, HDR, FaceTime over Wi-Fi or Cellular
Fitur
1/3" sensor size, 1.22 µm pixel size, geo-tagging, simultaneous 4K video and 8MP image recording, touch focus, face/smile detection, HDR (photo/panorama)
Video
2160p@30fps, 1080p@60fps,1080p@120fps, 720p@240fps
Suara
Tipe Alert
Vibration, proprietary ringtones
Loudspeaker
Yes
3.5mm jack
Yes
Konektivitas
WLAN
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, hotspot
Bluetooth
v4.2, A2DP, LE
GPS
A-GPS dan GLONASS
Radio
Tidak tersedia
USB
v2.0, reversible connector
Fitur
Sensor
Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
Pesan
iMessage, SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
Browser
HTML5 (Safari)
Baterai
Jenis
Li-Po (Lithium Polymer), non-removable
Kapasitas Daya
1624 mAh

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 6s Plus
Kelebihan
Kekurangan
Akses jaringan 4G LTE
Baterai non removable
Layar seluas 4.0 inci
No memory eksternal
Resolusi 640 x 1136 pixels
No slot SIM Card 2
Tipe layar IPS LCD LED-backlit
Belum ada proteksi layar
Chipset Apple A9

Prosesor Dual Core 1.84 GHz

RAM 2 GB

GPU Power VR GT7600

OS iOS 9.3.2 Upgradable to iOS 10.3

Memory internal 32/128 GB

Dual kamera 12 MP dan 1.2 MP

Sistem navigasi A-GPS dan GLONASS

Baterai Li-Ion 1624 mAh


Harga iPhone SE

Setelah kita tahu bagaimana canggihnya spesifikasi yang dibawa ponsel ini, pada segmen terakhir ini Inteknosia akan berbagi informasi tentang harga iPhone SE. Sekali lagi ingin Inteknosia sampaikan bahwa iPhone SE yang dihadirkan dengan layar 4.0 inci memang dibekali spesifikasi tangguh beserta fitur-fitur mumpuni di kelasnya. Hal itu bisa dilihat dari bekalan layarnya yang memiliki resolusi 640 x 1136 pixels berpanel LED-Backlit yang membuat tampilan visualnya semakin memukau. Selain itu, daya tarik dari smarphone ini juga terdapat pada sektor dapur pacunya yang mengusung komponen canggih berupa chipset Apple A9 dan OS iOS 10.3 dengan dukungan RAM 2 GB sehingga siap memberikan performa unggul di kelanya. Tentu, wajar jika harga iPhone SE ini akan berbanderol mahal. Di sisi lain, dukungan akses 4G LTE dan beragam fitur canggih lainnya pun dihadirkan sebagai pelengkap atas kecanggihan yang dimiliki ponsel besutan Apple ini. Pastinya, sobat semua sudah pada penasaran dengan harga iPhone SE ini kan?
harga iphone se
Harga iPhone SE

Nah, untuk urusan harga iPhone SE, tampaknya memang akan dipatok dengan nominal angka yang cukup tinggi. Hal itu wajar mengingat ketangguhan spesifikasi yang dibawanya dan nama brand yang memang sudah terkenal dan bergengsi. Di mana, untuk harga iPhone SE ini akan dibanderol $399 atau sekitar Rp 5.2 jutaan untuk varian memory internal 32 GB. Sedangkan untuk harga iPhone SE dengan memory internal berkapasitas 128 GB akan dibanderol $499 atau Rp 6.6 jutaan. Memang, untuk sekelas ponsel dengan layar kecil, dengan banderol yang menginjak nominal setinggi itu dirasa cukup mahal. Namun, hal tersebut sudah sesuai dan sepadan dengan spesifikasi yang ditawarkan. Di sisi lain, iPhone SE ini juga akan menawarkan 4 pilihan warna menarik, yakni Space Gray, Silver, Gold, dan Rose Gold.
Harga iPhone SE : Rp 5.2 Juta (32 GB) & Rp 6.6 Juta (128 GB)
*Harga sewaktu-waktu bisa berubah 

Akan tetapi, di sisi lain bahwa dengan harga iPhone SE yang menginjak nominal enam jutaan yang dinilai cukup sepadan dengan ketangguhannya, tampaknya masih terasa terlalu mahal bagi sebagian konsumen, terutama konsumen pemula. Maka, tak heran jika dengan harga iPhone SE yang berbanderol tinggi tersebut, hanya beberapa konsumen kelas menengah atas saja yang membelinya. Nah, dengan bekalan spesifikasi dan harga iPhone SE tersebut, apakah sobat siap untuk membelinya?

Harga iPhone SE Terbaru, Review dan Spesifikasi Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muvaziz

0 komentar:

Post a Comment