Thursday, May 18, 2017

Harga iPhone 7 Terbaru, Review dan Spesifikasi Lengkap

Harga iPhone 7 Terbaru dan Spesifikasi – Pada bulan September 2016 lalu, Apple secara resmi telah merilis iPhone 7. Peluncuran perangkat flagship tersebut juga bersamaan dengan diluncurkannya iPhone 7 Plus sebagai varian tertingginya. Hanya saja, pada ulasan review kali ini, Inteknosia akan lebih fokus untuk membahas spesifikasi iPhone 7. Nah, meski resmi dirilis akhir tahun 2016 lalu namun perangkat flagship buatan pabrik yang bermarkas di Cupertino ini baru bisa dipesan di Indonesia pada 24 Maret 2017 kemarin melalui operator telekomunikasi Smartfren serta jaringan retail Erajaya, Erafone, dan iBox. Nah, terkait dengan keunggulan dari iPhone 7 ini, informasi mengenai spesifikasinya sudah banyak tersebar di dunia maya. Namun, kali ini Inteknosia akan memberikan ulasan review lebih lengkap dan detail terkait spesifikasi dan harga iPhone 7. Sebagai ponsel premium yang menjadi pesangi Galaxy S7, tentu saja smartphone flagship ini akan hadir dengan menawarkan spesifikasi yang sangat canggih dan unggul dan segudang fitur-fitur modern yang sangat canggih. Dengan demikian maka sudah wajar jika harga untuk memboyong iPhone 7 ini tak akan dibanderol dengan harga yang murah.

desain iphone 7
Desain iPhone 7
Berkaitan dengan spesifikasi iPhone 7, seperti yang sudah disinggung di atas bahwa perangkat flagship ini memang hadir dengan ragam keunggulan yang begitu menarik. Bagaimana tidak? Melihat dari desainnya saja Inteknosia pastikan bahwa kawan-kawan semua pasti sudah pada kepincut. Pasalnya, iPhone 7 ini akan mengusung bodi elegan dengan ketebalan yang sangat ramping. Selain itu, untuk sektor displaynya sendiri berukuran cukup ideal dengan layar seluas 4.7 inci beresolusi 750 x 1334 pixels. Sehingga, dipstikan akan memberikan tampilan visual yang mengagumkan. Di samping itu, untuk menjaga ketahanan layar maka Apple pun juga menyematkan teknologi seperti Ion-strengthened glass, oleophobic coating. Sedangkan di sisi lain, untuk membuat layar akan bisa mendeteksi segala macam jenis tekanan, iPhone 7 ini juga sudah fitur berupa 3D Touch display. Tak cukup sampai di situ saja, Apple juga akan membekali flagship buatannya ini dengan komponen mesin pacu berteknologi tinggi yang dipastikan membuatnya mampu memberikan performa super gahar. Sebut saja seperti chipset A10 Fusion yang ditenagai CPU Quad Core dengan system operasi iOS 10 terbaru. Cukup menarik bukan? Nah, untuk mengenal lebih jauh terkait spesifikasi dan harga iPhone 7, kali ini Inteknolsia sudah menyiapkan penjelasan detailnya pada segmen-segmen di bawah ini.
review iphone 7
Review iPhone 7

Review Spesifikasi iPhone 7

Desain dan Display iPhone 7 – Flagship Premium dengan Bodi Elegan Usung Layar 4.7 Inci LED-backlit
Mengawali ulasan kali ini, Inteknosia akan berbagi info pada sektor desain atau tampilan luar dari spesifikasi iPhone 7. Menginjak pada bagian fisik ini, seperti yang sudah disinggung di atas bahwa smartphone flagship garapan Apple ini memang dibuat dan dirancang sedemikian mewahnya sehingga menghasilkan bodi fisik yang begitu menawan. Hal itu juga tak lepas dari dimensi yang diusungnya. Di mana, iPhone 7 ini memiliki ukuran bodi yang lebhi slim dari generasi pendahulunya. Pasalnya, diketahui bahwa smartphone mewah buatan pabrik asal Negeri Paman Sam ini memiliki bodi berukuran 138.3 mm, lebarnya 67.1 mm, dan berketebalan 7.1 mm dengan bobot seberat 138 gram. Tentu saja dengan bekalan tersebut maka akan membuat ponsel canggih ini lebih mudah dioperasikan dan nyaman digenggam. Kemudian, untuk urusan displaynya sendiri, iPhone 7 diketahui akan menggunakan layar tipe LED-backlit IPS LCD capacitive touchscreen 16 juta warna yang akan menampilkan visualisasi atraktif dari layarnya yang berukuran 4.7 inci. Bahkan, dari display yang dibawanya tersebut, perangkat buatan Apple ini pun juga diyakini dapat menghasilkan resolusi cukup tinggi, yakni 750 x 1334 pixels di mana resolusi tersebut memiliki kerapatan cukup padat sebesar 326 ppi. Maka, tak heran jika iPhone 7 ini pun juga mampu memperlihatkan tampilan display yang sangat mengagumkan. Tak hanya itu saja, ponsel premium garapan pabrik asal Cupertino ini pun diketahui juga akan dilengkapi dengan proteksi layar yang cukup canggih, yaitu dengan mengandalkan proteksi berupa Ion-strengthened glass yang diyakini bakal sanggup mmeberikan perlindungan secara maksimal pada layar ponsel dari goresan benda tajam sekalipun. Lalu, layar smartphone canggih ini juga semakin lengkap dengan disematkannya proteksi Oleophobic Coating. Sehingga, smartphone ini bakal tahan terhadap tekanan benda cair sekalipun, sehingga tidak akan menyebabkan layar mengembun. Tentu, dengan kecanggihan pada sektor tampilan fisik pada spesifikasi iPhone 7 tersebut maka dipastikan bahwa ponsel ini bakal mampu memikat para konsumen, terutama para calon pengguna kelas menengah atas.

Performa Dapur Pacu iPhone 7 – Dipersenjatai Komponen Mesin Canggih Andalkan Chipset A10 dan iOS 10 Terbaru
Di sisi lain, tampaknya memang Apple juga bakal menawarkan performa pada spesifikasi iPhone 7 ini kian mumpuni. Hal itu tak lepas dari bekalan beberapa komponen yang memang turut dibenamkan pada sektor dapur pacunya. Pasalnya, dalam hal ini iPhone 7 diketahui akan hadir dengan bekalan chipset Apple A10 Fusion yang ditenagai prosesor Quad Core berkecepatan 2.34 GHz sehingga dipastikan tenaga yang dihasilkannya pun semakin gahar dan membuat kinerja operasionalnya menjadi lebih optimal. Tak hanya itu saja, smartphone canggih garapan Apple ini pun juga akan dibekali RAM dengan kapasitas 2 GB. Di mana, dengan dibenamkannya RAM tersebut maka tak diragukan lagi bahwa sektor permesinan pada iPhone 7 ini akan mampu berjalan secara lebih responsif dan cepat. Sementara itu, untuk mendukung tampilan grafiknya, perangkat pintar asal Amerika Serikat ini pun juga bakal dilengkapi dengan GPU (kartu grafis) six-core graphics, yaitu PowerVR Series7XT Plus. Maka, dapat dipastikan bahwa tampilan grafiknya pun akan menjadi lebih tampak smooth dan tajam yang membuat setiap mata merasa termanjakan. Selain itu, guna menjalankan setiap susunan kompoen canggih pada sektor dapur pacunya tersebut, maka spesifikasi iPhone 7 pun akan menjadikan system operasi iOS 10.3.2 terbaru sebagai platform buatan Apple sendiri yang memiliki fitur tak kalah dengan OS Android.

Memory Penyimpanan iPhone 7 – Disediakan Memory Internal Memadai dengan Kapasitas Besar
Berlanjut pada pembahasan berikutnya, kita akan bersama-sama mengulas sisi penyimpanan pada spesifikasi iPhone 7. Sebagaimana canggihnya perfoma yang ditawarkan, Apple pun juga turut memperhatikan sektor ruang penyimpanan. Pasalnya, sektor ini menjadi salah satu bagian yang cukup dipertimbangkan para calon konsumen sebelum membeli smartphone mengingat kebutuhan akan sebuah storage di era saat ini menjadi hal yang wajib ada. Dengan mengetahui kebutuhan tersebut maka Apple pun akan menawarkan 3 varian memory internal yang bias dipilih sesuai dengan kebutuhan, yakni 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Ketiga kapasitas yang ditawarkan tersebut tampaknya dirasa sudah cukup memadai dan bias disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, perbedaan ketiga kapasitas tersebut pun juga nantinya akan berpengaruh pada harga yang ditawarkan. Sehingga, sangat disarankan untuk mempertimbangkan dan sepadan dengan kebutuhan dulu sebelum memboyong ponsel ini. Pasalnya, iPhone 7 ini tak menawarkan memory eksternal sehingga sektor penyimpanan akan lebih terfokus pada memory internalnya saja. Dengan begitu, sepertinya bisa dibilang bahwa sektor penyimpanan pada spesifikasi iPhone 7 ini cukup memadai untuk menunjang kebutuhan konsumen akan ruang simpan.
kamera iphone 7
Kamera iPhone 7
Kamera iPhone 7 – Flagship Premium dengan Bekalan Dual Kamera 12 MP dan 7 MP
Salah satu fitur yang cukup menarik dari spesifikasi iPhone 7 ini yakni pada lini fotografi yang diusungnya. Pasalnya, sebagai salah satu fitur yang cukup menjadi pertimbangan para konsumen, kali ini Apple akan membawa dual kamera yang memiliki resolusi kamera cukup tinggi, yaitu 12 MP pada kamera belakang dan 7 MP pada kamera selfie. Untuk kamera belakang dari iPhone 7 ini diketahui bakal dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung yang cukup mumpuni, seperti phase detection autofocus, OIS, dan quad-LED (dual tone) flash. Dengan resolusi dan kelengkapan fitur pendukung tersebut maka kamera belakang dari ponsel mewah ini sanggup memberikan hasil foto yang sangat atraktif, super jernih dan tajam sehingga membuat pengguna merasa puas. Sementara itu, untuk kamera depannya pun juga tak kalah. Pasalnya, sektor kamera depan dari iPhone 7 ini juga turut serta disematkan beberapa fitur, yaitu face detection, HDR, dan panorama. Bahkan, kamera depan ini bisa digunakan untuk merekam video atau video call dengan kualitas hingga 1080p@30fps. Di sisi lain, lini fotografi dari ponsel buatan Apple ini pun juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur lain yang sangat canggih, antara lain seperti 1/3" sensor size, geo-tagging, simultaneous 4K video and 8MP image recording, touch focus, face/smile detection, dan HDR (photo/panorama). Bahkan, sektor dokumentasi dari spesifikasi iPhone 7 ini pun diketahui juga bisa digunakan untuk merekam video hingga 2160p@30fps.

Akses Internet iPhone 7 – Didukung Jaringan 4G Cat9 LTE Bikin Internetan Super Ngebut
Menjadi salah satu ponsel premium, tentunya spesifikasi iPhone 7 juga turut dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti akses internet dan konektivitas. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, Apple pun juga bakal melengkapi flagship buatannya ini dengan dukungan jaringan internet canggih, pasalnya sebagaimana ponsel flagship premium pada umumnya, iPhone 7 menawarkan dukungan jaringan internet 4G Cat9 LTE yang diketahui memiliki kecepatan akses internet hingga 450 Mb dengan kecepatan upload 50 Mb. Sehingga, dengan dukungan akses tersebut maka dipastikan aktivitas pengguna dalam dunia maya pun bakal kian lancar. Namun, untuk menunjang komunikasi, iPhone 7 hanya menawarkan slot Single SIM Card jenis NANO SIM sehingga aktivitas komunikasi pun akan terbatas pada satu kartu SIM saja. Tetapi, hal tersebut tak mengapa mengingat dengan jaringan 4G LTE tersebut, pengguna tetap bisa berkomunikasi dengan lancar tanpa mengganggu data paket internet ketika digunakan untuk berselancar ria di dunia maya. Di sisi lain, Apple sendiri diketahui juga akan membenamkan beberapa fitur canggih penunjang konektivitas nirkabel, seperti WiFi, dual band dan hotspot. Tak hanya cukup sampai di situ, guna member kemudahan pengguna dalam urusan tukar menukar data antar perangkat maka iPhone 7 dilengkapi dengan fitur berupa Bluetooth dan micro USB 2.0, reversible connector. Sedangkan untuk urusan pemetaan lokasi, jangan khawatir. Pasalnya, dalam hal ini spesifikasi iPhone 7 telah mengandalkan sistem navigasi A-GPS dan GLONASS yang siap memberikan informasi peta lokasi dengan tingkat keakuratan yang cukup tinggi.

Baterai iPhone 7 – Disokong Baterai Tipe Li-Ion Berkapasitas 1960 mAh
Beranjak ke segmen berikutnya, kali ini Inteknosia akan berbagi info berkaitan dengan suplai daya berupa baterai pada spesifikasi iPhone 7. Jika menelisik lebih jauh, tampaknya ponsel flagship ini bakal membutuhkan daya baterai yang cukup standar mengingat layarnya tak terlalu luas, hanya saja untuk sektor dapur pacunya sendiri yang membutuhkan daya baterai lebih besar. Maka dari itu, atas alasan tersebut, iPhone 7 pun akan hadir dengan bekalan baterai dari jenis Li-Ion yang memiliki kapasitas 1960 mAh. Tentu, membandingkan kapasitas baterai yang dibawanya tersebut dengan kebutuhan daya dari setiap komponen yang dibenamkan, maka Inteknosia rasa sudah cukup memadai. Bahkan, dengan bekalan baterai tersebut, Apple mengklaim bahwa ponsel flagship besutannya ini bisa bertahan selama seharian penuh dengan penggunaan normal. Sehingga, akan membuatnya lebih efisien dan efektif. Namun, tipe baterai yang digunakan memakai tipe non-removable di mana baterai tersebut tak bisa dilepas dengan mudah sehingga bila sewaktu-waktu terjadi kerusakan, akan menyulitkan pengguna untuk membongkarnya. Akan tetapi, apabila dibandingkan dengan keunggulan lain dari spesifikasi iPhone 7 secara keseluruhan, sepertinya kekurangan tersebut tak terlalu berpengaruh.
spesifikasi dan harga iPhone 7
Spesifikasi dan Harga iPhone 7
Spesifikasi iPhone 7
Status Perilisan
Available. Released 2016, September
Akses Internet
Jaringan
4G Cat9 LTE
Kecepatan
HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (3CA) Cat9 450/50 Mbps, EV-DO Rev.A 3.1 Mbps
Desain Fisik
Dimensi
138.3 x 67.1 x 7.1 mm (5.44 x 2.64 x 0.28 in)
Berat
138 g (4.87 oz)
Kartu SIM
Single SIM (Nano-SIM)
Layar
Tipe/Panel Layar
LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
Luas
4.7 inches (~65.6% screen-to-body ratio)
Resolusi
750 x 1334 pixels (~326 ppi pixel density)
Multitouch
Yes
Proteksi
Ion-strengthened glass, oleophobic coating
Sertifikasi
IP67 certified - dust and water resistant up to 1 meter and 30 minutes
Mesin Pacu
Chipset
Apple A10 Fusion
CPU
Quad-core 2.34 GHz (2x Hurricane + 2x Zephyr)
GPU
PowerVR Series7XT Plus (six-core graphics)
RAM
2 GB
OS
iOS 10.0.1, upgradable to iOS 10.3.2
Ruang Penyimpanan
Memory
32/128/256 GB
Slot micro SD
No (Tidak tersedia)
Kamera
Kamera Utama
12 MP, f/1.8, 28mm, phase detection autofocus, OIS, quad-LED (dual tone) flash
Kamera Depan
7 MP, f/2.2, 32mm, 1080p@30fps, 720p@240fps, face detection, HDR, panorama
Fitur
1/3" sensor size, geo-tagging, simultaneous 4K video and 8MP image recording, touch focus, face/smile detection, HDR (photo/panorama)
Video
2160p@30fps, 1080p@30/60/120fps, 720p@240fps
Suara
Tipe Alert
Vibration, proprietary ringtones
Loudspeaker
Yes with stereo speakers
3.5mm jack
No
Konektivitas
WLAN
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
Bluetooth
4.2, A2DP, LE
GPS
A-GPS, GLONASS
Radio
No
USB
2.0, reversible connector
Fitur
Sensor
Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
Pesan
iMessage, SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
Browser
HTML 5 (Safari)
Baterai
Jenis
Li-Ion (Lithium Ion), non-removable
Kapasitas Daya
1960 mAh

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 7

Setelah keunggulan spesifikasinya sudah kita bahas, maka pada segmen berikutnya ini Inteknsoia akan berbagi info mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan iPhone 7. Oke langsung saja bahwa untuk yang pertama kita akan berbicara mengenai kelebihan iPhone 7. Seperti dengan penjelasan sebelumnya, smartphone flagship garapan pabrik asal Amerika Serikat ini memang dihadirkan dengan spesifikasi unggul dan fitur-fitur super canggih. Bahkan, pada sektor eksterior atau tampilan luarnya sendiri, iPhone 7 ini mengusung layar seluas 4.7 inci dengan resolusi 750 x 1334 pixels dan berpanel LED-backlit IPS LCD sehingga tak mengherankan apabila tampilan visual dari ponsel premium ini sanggup memperlihatkan display yang cukup tajam, jernih, dan tentunya memanjakan setiap mata yang memandang. Selain itu, kelebihan dari iPhone 7 ini terletak pada sektor dapur pacunya yang dikenal mengusung komponen berbeda dari ponsel Android pada umumnya. Bagaimana tidak? Ruang pacu pada ponsel ini diketahui akan dipersenjatai dengan chipset A10 Fusion bertenaga CPU Quad Core 2.34 GHz yang akan dijalankan melalui sebuah sistem operasi iOS 10 terbaru. Sehingga, bisa dipastikan kinerjanya pun bakal semakin mumpuni dan gahar. Di samping itu, fitur dual kamera 12 MP dan 7 MP serta dukungan jaringan 4G Cat9 LTE pun menjadi keunggulan tersendiri bagi ponsel premium buatan pabrik asal Cupertino tersebut. Tentu, hal ini menjadi kelebihan iPhone 7 tersendiri.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 7
Kelebihan
Kekurangan
Akses jaringan 4G Cat9 LTE
Baterai non removable
Single SIM Card-Nano SIM
Tidak ada slot micro SD
Layar seluas 4.7 inci
Belum dual SIM Card
Dilengkapi Ion-strengthened glass dan oleophobic coating

Desain ringan dan kokoh berbahan metal

Sertifikasi IP67

Resolusi 750 x 1334 pixels
Tipe LED-backlit IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Chipset Apple A10 Fusion
CPU Octa-core 2.34 GHz
RAM 2 GB
GPU PowerVR Series7XT Plus (six-core graphics)
OS iOS 10.0.1, upgradable to iOS 10.3.2
Memory internal 32/128/256 GB
Kamera utama 16 MP dan kamera depan 7 MP
Sistem navigasi A-GPS, GLONASS
Baterai Li-Ion 1960 mAh

Di sisi lain, kekurangan iPhone 7 pun bisa kita lihat juga pada beberapa setor lain. Selain memiliki banderol tinggi, kelemahan dari ponsel flagship premium ini terletak pada tidak disediakannya slot micro SD sebagai memory eksternalnya. Sehingga, aktivitas simpan menyimpan pun akan lebih terfokus pada memory internal yang dibawanya. Dengan begitu maka disarankan pengguna agar lebih memaksimalkan ruang penyimpanan internal ini untuk menyimpan beberapa file yang memang dibutuhkan saja. Di samping itu, letak kekurangan iPhone 7 yang lain yakni pada jenis baterainya. Pasalnya, perangkat canggih yang bakal bersaing dengan Galaxy S7 ini menggunakan tipe baterai non-removable atau baterai tanam yang membuatnya sulit dilepas. Maka, hal ini menjadi sedikit kelemahan pada iPhone 7 sendiri. Sebab, apabila terjadi kerusakan pada baterai maka untuk melepasnya pengguna akan sedikit kesulitan. Dengan mengetahui atau memahami kelebihan dan kekurangan iPhone 7 di atas, tentu saja sobat bisa mempertimbangkannya kembali sebelum membeli.

Harga iPhone 7

Beranjak pada segmen selanjutnya, kini di sesi terakhir ini kita akan bersama-sama mengulas harga iPhone 7. Jika pada awal tadi sudah dibahas secara mendetail terkait dengan spesifikasinya, kini sebelum jauh mengulas banderol, Inteknosia akan sedikit memberikan kesimpulan dari penjelasan spesifikasinya. Pertama, dari segi tampilan fisik, iPhone 7 ini memang terlihat begitu mewah dengan display yang sangat mengagumkan. Mengingat flagship ini mengusung resolusi cukup tinggi, yaitu 750 x 1334 pixels dengan panel layar LED-backlit IPS LCD. Dengan demikian maka tak heran apabila perangkat canggih ini sanggup memperlihatkan display yang begitu menarik dan memanjakan mata. Selain itu, kinerja operasionalnya pun juga dinilai sangat gahar sebab Apple sendiri telah membenamkan chipset A10 Fusion dan didukung RAM 2 GB dengan iOS 10 terbaru sebagai platformnya. Maka, wajar jika performa yang dihasilkannya pun akan sangat mumpuni. Belum lagi di sektor fotografinya yang handal dan sanggup menghasilkan bidikan foto berkualitas. Apalagi dukungan jaringan 4G Cat9 LTE yang membuat aktivitas internet pun semakin efektif dengan kecepatan akses yang begitu gesit. Nah, dengan keunggulan tersebut, berapa sih harga iPhone 7?
harga iphone 7 terbaru
Harga iPhone 7 Terbaru
Dihadirkan untuk menyasar pasar kelas menengah atas, harga iPhone 7 pun diketahui juga tak akan dibanderol dengan nominal yang murah. Bahkan, berdasarkan informasi yang telah Inteknosia dapatkan dari berbagai sumber terpercaya, harga iPhone 7 ini akan dibanderol dengan 3 pilihan sesuai memory internalnya. Untuk memory internal 32 GB, akan dibanderol Rp 12 juta (black, gold, silver, rose gold), kemudian untuk varian 128 GB dipatok Rp 13.7 juta (black, jet black, gold, silver, rose gold) dan untuk tipe dengan kapasitas memory 256 GB harga iPhone 7 dibanderol seharga Rp 15.6 jutaan (black, jet black, gold, silver, rose gold). Sebuah angka yang sangat tinggi bukan? Pastinya hal itu wajar saja mengingat ponsel flagship ini memang dihadirkan dengan spesifikasi mumpuni untuk para konsumen kelas menengah ke atas. Bagaimana sob? Apakah dengan harga iPhone 7 yang begitu mahal tersebut kawan-kawan sudah siap membelinya?
Harga iPhone 7 : Rp 12 Juta (32 GB), Rp 13.7 Juta (128 GB), RP 15.6 Juta(256 GB)
*Harga sewaktu-waktu bisa berubah

Berkaca pada spesifikasi yang diusungnya, sepertinya harga iPhone 7 yang menginjak kisaran 12 sampai 15 jutaan tersebut dinilai pas dan cocok. Pasalnya, memang tak bisa dipungkiri bahwa smartphone flagship premium ini memang dipersenjatai dengan spesifikasi super handal dan segudang fitur yang begitu canggih. Selain itu, dengan nama brand ‘Apple’ yang bergengsi tinggi tersebut, tentunya menjadi salah satu faktor yang cukup berpengaruh pada harga iPhone 7. Namun, bukan hal yang mudah bagi Apple dengan ponsel barunya ini untuk mendapatkan hati para konsumen. Sebab, meski terbilang sebagai brand yang sangat populer di kalangan kelas menengah atas, perangkat buatan pabrik yang bermarkas di Cupertino ini harus bersaing ketat dengan Galaxy S7 yang juga mengusung spesifikasi handal dan fitur-fitur unggulan yang tak kalah canggihnya. Dengan begitu, merupakan suatu persaingan yang cukup sengit di antara keduanya. Nah, semoga review mengenai spesifikasi dan harga iPhone 7 ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Sekian dan sampai jumpa.

Harga iPhone 7 Terbaru, Review dan Spesifikasi Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muvaziz

0 komentar:

Post a Comment